(Bacalah hingga tuntas agar tidak gagal paham)
Tahlilan secara sederhana diartikan sebagai berkumpul dengan jamuan keluarga jenazah untuk mendo’akan, dan menghadiahkan bacaan mereka kepada jenazah, disertai sedekah kepada orang-orang yang mendo’akan tersebut atas nama jenazah. Menyelenggarakan tahlilan selama 7 hari atau hingga 40 hari didasarkan pada kekhawatiran keluarga jenazah, yang pada hari-hari tersebut jenazah mendapatkan fitnah (pertanyaan Malaikat munkar dan nakir) di alam kuburnya.
Tentang hal ini, para pengamal tahlilan merujuk pada kitab al-Hawi karya as-Suyuthi (849-911 H).
Menurut as-Suyuthi mengenai 7 hari fitnah yang menimpa ahli kubur, telah disinggung oleh banyak ulama dalam kitab-kitabnya. Diantaranya Imam Ahmad bin Hambal (164- 241 H) di dalam Kitab az-Zuhud, al-Hafiz al-Ashbahani (Wafat: 430 H) di kitab al-Hilyah dengan disanadkan kepada Thowus salah seorang ulama Tabi’in, Ibnu Juraij dengan disanadkan kepada Abid bin Umair tabi’in yang lebih senior dari Thowus, bahkan katanya beliau termasuk Sohabat, dan al-Hafiz Zainudin bin Rojab dalam kitab Ahwal al-Qubur.
Dan dalam riwayat Ubaid bin Umair ditambahkan, bahwa orang munafiq mendapatkan “fitnah” selama 40 hari. Diperkuat oleh Imam Abu Ali al-Husain bin Rasyiq al-Maliki dalam syarah (penjelasan) kitab al-Muwatho Imam Malik, Imam Abu Zaid Abdurrohman al-Jazuli ulama Malikiah di kitab asy-Syarh al-Kabir ‘Ala Risalati al-Imam Abi Muhamad bin Zaid, Imam Abu al-Qosim bin Isa bin Naji al-Maliki dalam Syarah Ar-Risalah disamping menyebutkan riwayat pertama yaitu dari Thowus. Kemudian Syeikh Kamaludin ad-Damiri ulama Syafi’iyah dan Hafiz al-‘Ashri Abu al-Fadl bin Hajar di kitab al-Matholib al-‘Aliah. ( Al-Hawi Li al-Fatawi juz: 2, hal: 168)
Salah satu teks Imam Ahmad bin Hambal (164- 241 H) mengenai hal ini di kitab az-Zuhud:
حدثنا هاشم بن القاسم قال : ثنا الأشجعي عن سفيان قال : قال طاوس : إن الموتى يفتنون في قبورهم سبعاً فكانوا يستحبون أن يطعم عنهم تلك الأيام ، قال الحافظ أبو نعيم في الحلية : حدثنا أبو بكر بن مالك ثنا عبد الله بن أحمد بن حنبل ثنا أبي ثنا هاشم ثنا الأشجعي عن سفيان قال : قال طاوس : إن الموتى يفتنون في قبورهم سبعاً فكانوا يستحبون أن يطعم عنهم تلك الأيام
“Hasyim bin al-Qosim menyampaikan hadits kepada kami dari al-Asyja’i dari Sufyan, dari Thowus: sesungguhnya orang-orang yang telah wafat dikenai fitnah (pertanyaan Malaikat munkar dan nakir) di kuburan mereka selama 7 hari. Maka dianjurkan (mustahabbah) bagi keluarga untuk membuat makanan yang disedekahkan atas nama mereka selama 7 hari tersebut....”
قال ابن جريج في مصنفه عن الحارث بن أبي الحارث عن عبيد بن عمير قال : يفتن رجلان مؤمن ومنافق ، فأما المؤمن فيفتن سبعاً ، وأما المنافق فيفتن أربعين صباحاً
As-Suyuthi (849-911 H) menganalisa tulisannya dengan beberapa sudut pandang, diantaranya:
1. Rijal sanad hadits di atas merupakan para rijal sohih, dan Thowus merupakan selah seorang senior dari kalangan Tabi’in. Kata Abu Nuaim di kitab al-Hilyah: Thowus merupakan generasi muslim pertama dari Yaman. Abu Nuaim meriwayatkan bahwa Thowus bertemu dengan 50 orang Sohabat Nabi SAW. Sedangkan Selain Abu Nuaim meriwayatkan, bahwa Thowus bertemu dengan 70 orang senior para Sohabat Nabi.
Yang dimaksud Sufyan pada periwayatan di atas ialah Sufyan ats-Tsaury (97-161 H), dan Sufyan bertemu dengan Thowus. Karena beliau wafat tahun 110-an Hijriyah, sedangkan Sufyan ats-Tsauri lahir tahun 97-an Hijriyah. Dan al-Asyja’i nama lengkapnya: Ubaidillah bin Ubaidirrohman, dan disebut juga Ibnu Abdurrohman.
Adapun Ubaid bin Umair al-Laitsi merupakan sejarawan tentang Mekah. Muslim bin Hajjaj (204-261 H) penulis kitab Sohih Muslim berkata: Ubaid dilahirkan semasih Rasululloh SAW hidup, beliau pernah melihat Rasululloh SAW. Oleh karena itu maka beliau merupakan seorang Sohabat, dan wafat sebelum wafatnya Abdullah bin Umar.
Adapun al-Harits yaitu Ibnu Abdurrohman bin Abdullah bin Sa’ad bin Abi Ziyab ad-Dausi, dan Imam Bukhori (196-256 H) meriwayatkan haditsnya dalam bab Kholq Af’al al-Ibad. Demikian juga Muslim dalam kitab Sohihnya. Demikian juga Ibnu Juraij menerima hadits dari al-Harits.
Adapun Ibnu Juraij (80-149 H) ialah Imam Abdul Malik bin Abdul Aziz bin Juraij al-Umawi. Menurut Imam Ahmad bin Hambal: Ibnu Juraij merupakan penulis pertama. Beliau banyak meriwayatkan hadits dari kalangan Tabi’in (generasi setelah Sohabat) dan wafat pada tahun 149 Hijriyah.
2. Masalah yang ditetapkan di dalam hadits dan ushuludin berupa hal yang bukan ranah ijtihadiah, seperti masalah alam barzah (kubur), alam akhirat, maka hukumnya marfu (disambungkan kepada Rasululloh SAW) bukan mauquf, walau pun perawi tidak terang-terangan menisbatkannya kepada Rasululloh SAW. Menurut Imam Fakhrudin ar-Razi (606 H) di kitab al-Mahsul:
“Apabila seorang Sohabat berkata mengenai hal di luar ranah ijtihadiah, maka hal tersebut dikategorikan sebagai sesuatu yang bersifat aqidah (sam’iyyat), yang berangkat dari dugaan kuat terhadap hal tersebut”. Sebagaimana perkataan Ibnu Mas’ud: “Barangsiapa yang datang kepada tukang sihir, atau peramal (untuk membenarkan ramalannya), maka sungguh telah kufur dari ajaran yang diturunkan kepada Nabi Muhamad SAW.”
Ibnu Hajar al-‘Asqolani (773-852 H) memperkuat pendapat Fakhrudin ar-Razi (606 H): “Apa saja yang dikatakan oleh seorang Sohabat Nabi SAW berupa hal yang di luar ranah ijtihadiah, maka hukumnya marfu. Seperti masalah awal penciptaan makhluk dan sejarah para Nabi. Atau permasalahan masa yang akan datang seperti perang besar (al-malahim), kekacauan-kekacauan, hari ba’ats (kebangkitan), sifat sorga dan neraka...”
3. Apabila telah ditetapkan bahwa atsar (perbuatan atau perkataan) Imam Thowus hukumnya sebagai hadits marf’u mursal serta diisnadkan kepada seorang tabi’in itu sohih, maka atsar tersebut menjadi hujjah (dalil dan argumentasi) menurut Abu Hanifah (80-150 H), Imam Malik (90 -179 H) dan Imam Ahmad (164- 241 H).
4. Perkataan Thowus فَكَانُواْ يَسْتَحِبُّوْنَ (Mereka selalu menganggap baik membuat makanan...) termasuk kaidah perkataan Tabi’in yang diartikan: “Mereka selalu melakukannya”. Dalam hal ini ada dua pendapat dari ahli hadits dan ahli ushul fiqih:
1. Hal ini termasuk marf’u dan maknanya bahwa orang-orang mengerjakan hal tersebut di jaman Rasululloh SAW. Dan Rasululloh SAW mengetahui serta membiarkannya (sunah taqririyah).
2. Bahwa hal ini merupakan kebiasaan para Sohabat saja, sementara riwayat ini tidak sampai kepada Nabi SAW. Dan menurut ar-Rofi’i di kitab Syarah al-Musnad: Hal semacam ini dimaksudkan sebagai sesuatu yang populer di masa itu (Sohabat dan Tabi’in) tanpa diingkari.
Al-Hafiz Ibnu Rojab (706-795 H) menuturkan di kitab Ahwal al-Qubur suatu riwayat dari Mujahid: “Para arwah tidak akan berpisah dengan jenazah selama 7 hari sejak dikuburkan”. Penuturan atsar-atsar tersebut memperkuat perkataan Thowus di atas.
Para ulama berkata bahwa yang dimaksud dengan “fitnah” dalam konteks ini, ialah pertanyaan Malaikat munkar dan nakir. Berdasarkan hadits Bukhori (196 - 256 H):
أَوْحِيَ إِلَيَّ أَنَّكُمْ تُفْتَنُوْنَ فِي الْقُبُوْرِ فَيُقَالُ: مَا عِلْمُكَ بِهَذَا الرَّجُلِ؟ فَأَمَّا الْمُؤْمِنُ فَيَقُوْلُ هُوَ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ
“Telah diwahyukan kepadaku, bahwa sesungguhnya kalian akan mendapatkan ‘fitnah’ (pertanyaan Malaikat munkar dan nakir) di alam kubur. Maka datanglah pertanyaan: Apakah pengetahuanmu tentang lelaki ini? Adapun orang yang beriman akan menjawab: dia adalah Muhamad Rasululloh SAW...dan seterusnya.”Selain argumentasi di atas, bahwa siapa pun TAKAN ADA YANG MENEMUKAN LARANGAN TAHLILAN DALAM QUR'AN DAN SUNAH.
والله أعلم بالصواب
Bagus artikel nya
ReplyDeleteTerima kasih gan sudah share ilmu yang bermanfaat ini
ReplyDeleteMemang dalam ilmu agama kita harus melihat dari alquran dan hadist agar dapat menentukan suatu perkara haram atau halal gan
ReplyDeletemenarik gan infonya, selama ini saya kalau ditanya dalil tahlilan ngga tahu.
ReplyDeleteSelama ini saya masih ragu perkara dalilnta tahlilan halal atau haramnya. Setelah membaca artikel ini saya jadi tau dalilnya
ReplyDeleteAne baru tau gan, ternyata banyak ya yang mengisahkan tentang tahlilan.
ReplyDeleteTentang tahlilan banyak pendapat,
ReplyDeletekita ambil saja mana yang terbaik untuk kita asalkan dasarnya jelas.
dan tidak mencemooh pendapat lain, karena mereka punya dasar yg jelas pula.
Wallaahu'a'lam.
ReplyDeleteTpi setau ane kan di setiap daerah beda", makannya ane bingung juga koo bisa sih beda"?
Ada yg cuman 1 hari, 3 hari, 7 hari ada pula yg gak pake tahlil.
Itu tergantung kepercayaan (adat istiadat daerah) atau gmna tuh gan?
Tpi setelah baca ada sedikit oencerahan walau masih belum kecerna dengan jelas semua yg di atas.
Tpi makasih infonya gan.
Wah baru tau tentang dan ada dalil tentang tahlilan
ReplyDeleteTahlilan itu mendoakan jadi boleh boleh saja
ReplyDeleteYang jelas seperti yg ente bilang di artikel ente, setau ane jg ga ada larangan untuk tahlilan. Diperkuat dengan dalil2 yg ente paparkan. Perihal jumlah harinya, sara rasa itu kembali ke keyakinan masing2 saja.
ReplyDeleteWalaupun umat islam banyak perbedaan dimasalah furu tapi setidaknya kita tetap pegang teguh pada masalah yang fardu
ReplyDeleteBanyak perbedaan pendapat ttg hal tersebut. Tapi bagaimana maksud dan tujuannya kalau menurut saya pribadi. Jika tujuan dalam tahlilan itu baik dan tidak menyekutukan Allah. Insha allah di perbolehkan.
ReplyDeleteAllahlah yang Maha Tahu Segalanya
menurutku ini ya, ini sebenernya kemnbali ke persepsi orang masing masing ngambilnya di sisi apa tahlilan itu mau baik atau buruk
ReplyDeleteIntinya disini kita punnya niatan yang baik untuk mendoakan seseorang.
ReplyDeleteAtas w bener
ReplyDeleteIlmu agama emang sangat luas, dengan artikel ini saya jadi tahu lebih dalam ilmu agama. Walaupun sebagian.
ReplyDeletePostingan yg syahdu😊😊
ReplyDeleteJangan sedih, sekarang sudah ada yang lebih praktis dan gratis, nonton film drama korea pilihan dan terbaru, MYDRAKOR download di GooglePlay gratis, MYDRAKOR menyediakan film drama korea terbaru dan lengkap, download sekarang juga MYDRAKOR.
ReplyDeletehttps://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in
https://www.inflixer.com/
DANA GRATISAN
ReplyDeleteYuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
ReplyDeleteDalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny
"""Perkenalkan kita Sahabat303 Agen Sabung Ayam, Agen Bola Terpercaya, Casino Online, Slot Games.
ReplyDeleteDengan pendaftaran gratis dan mudah tentunya.
Hanya dengan Minimal Deposit 50 ribu anda sudah bisa bermain dan menikmati Berbagai Bonus Menarik Dari Sahabat303 Berikut Ini :
» Bonus Deposit 10% Khusus Sportbook
» Bonus Deposit 10% Khusus Bola Tangkas
» Bonus Rollingan Live Casino 0,7%
» Bonus Cashback Casino Games 2%
» Bonus Cashback Sabung Ayam 5 - 10%
» Bonus Cashback Sportbook 6 - 16%
» Bonus Refferal 2%
Moto kita »
Kemenangan berapa pun pasti kita bayar lunas.
Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Kami Melalui :
* LIVE CHAT TERSEDIA , LAYANAN 24 JAM NONSTOP
* Website : Sahabat303
* LINE : sahabat_303
* WA 1 : +855882348077
* WA 2 : +6287705585269
* Telegram : @sahabat303
* FB : Sahabat303
DAFTAR SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA
Agen Sabung Ayam
Agen Bola
Agen Bandarq
Agen Togel Online"""
"""Perkenalkan kita Sahabat303 Agen Sabung Ayam, Agen Bola Terpercaya, Casino Online, Slot Games.
ReplyDeleteDengan pendaftaran gratis dan mudah tentunya.
Hanya dengan Minimal Deposit 50 ribu anda sudah bisa bermain dan menikmati Berbagai Bonus Menarik Dari Sahabat303 Berikut Ini :
» Bonus Deposit 10% Khusus Sportbook
» Bonus Deposit 10% Khusus Bola Tangkas
» Bonus Rollingan Live Casino 0,7%
» Bonus Cashback Casino Games 2%
» Bonus Cashback Sabung Ayam 5 - 10%
» Bonus Cashback Sportbook 6 - 16%
» Bonus Refferal 2%
Moto kita »
Kemenangan berapa pun pasti kita bayar lunas.
Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Kami Melalui :
* LIVE CHAT TERSEDIA , LAYANAN 24 JAM NONSTOP
* Website : Sahabat303
* LINE : sahabat_303
* WA 1 : +855882348077
* WA 2 : +6287705585269
* Telegram : @sahabat303
* FB : Sahabat303
DAFTAR SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA
Agen Sabung Ayam
Agen Bola
Agen Bandarq
Agen Togel Online"""
"""Perkenalkan kita Sahabat303 Agen Sabung Ayam, Agen Bola Terpercaya, Casino Online, Slot Games.
ReplyDeleteDengan pendaftaran gratis dan mudah tentunya.
Hanya dengan Minimal Deposit 50 ribu anda sudah bisa bermain dan menikmati Berbagai Bonus Menarik Dari Sahabat303 Berikut Ini :
» Bonus Deposit 10% Khusus Sportbook
» Bonus Deposit 10% Khusus Bola Tangkas
» Bonus Rollingan Live Casino 0,7%
» Bonus Cashback Casino Games 2%
» Bonus Cashback Sabung Ayam 5 - 10%
» Bonus Cashback Sportbook 6 - 16%
» Bonus Refferal 2%
Moto kita »
Kemenangan berapa pun pasti kita bayar lunas.
Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Kami Melalui :
* LIVE CHAT TERSEDIA , LAYANAN 24 JAM NONSTOP
* Website : Sahabat303
* LINE : sahabat_303
* WA 1 : +855882348077
* WA 2 : +6287705585269
* Telegram : @sahabat303
* FB : Sahabat303
DAFTAR SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA
Agen Sabung Ayam
Agen Bola
Agen Bandarq
Agen Togel Online"""
Unleash the Gamer in You: Where Every Click is an Epic Journey!
ReplyDelete